Total Beli Jaringan Ritel Shell di Mesir

Perusahaan minyak asal Perancis, Total SA (TOT, FP.FR), menegaskan bahwa mereka akan mengakuisisi Royal Dutch Shell PLC (RDSB.LN), jaringan ritel bahan bakar di Mesir sebagai bagian dari strategi untuk memperkuat posisi distribusi di negara dan wilayah yang lebih luas.

“Melalui akuisisi ini, kami menegaskan kembali ambisi kami untuk mengejar pembangunan kita di Afrika dan Timur Tengah dalam bisnis ritel,” kata juru bicara Total. Tapi, ketika ditanya tentang harga transaksi, ia menolak untuk mengungkapkan detail apapun.

Total telah memiliki 70 SPBU di Mesir, mewakili pangsa pasar 4%, dan akan memperoleh 85 lebih dari Shell untuk menjadi pengecer bensin terbesar keempat Mesir, dua kali lipat pangsa pasar, kata perusahaan itu.

Perusahaan Perancis tersebut tengah memperkuat posisinya sebagai pengecer bensin terbesar di Afrika, tambah juru bicara tersebut.

Kegiatan ritel bensin sendiri dikabarkan telah menurun di Eropa Barat, akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan. Retailer berbiaya rendah  juga memaksa beberapa perusahaan besar untuk memikirkan kembali penyulingan dan strategi pemasaran dan berfokus pada eksplorasi dan produksi minyak.

Prospek di sektor ritel lebih cerah di pasar negara berkembang, di mana permintaan untuk bensin dan bahan bakar transportasi juga tumbuh lebih cepat.

Categories