Total Groups Siap Kembangkan Proyek Besar di Kongo

Sebuah grup yang dipimpin oleh anak perusahaan Total SA, telah menyetujui untuk melakukan investasi di Moho Nord untuk mengembangkan kilang minyak lepas pantai di Kongo (Brazzaville). Diharapkan produksi di kilang ini ssudah bisa dimulai pada 2015 dan diharakan mencapai 140,000 boe/d di 2017.

Pengembangannya sendiri diperkirakan bakal menelan biaya hingga $ 10 milyar untuk memperluas lisensi Moho-Bilondo yang mulai produksi 2008 silam. Bagian dari proyek berjuluk Moho Nord akan menambah cadangan baru pada bagian Utara lisensi. Sementara bagian bertajuk Phase 1bis akan menambah cadangan di sebelah Selatan dengan estimasi produksi total mencapai 485 juta boe.

Di Phase 1bis, grup dimaksud akan mengebor 11 sumur bawah laut yang akan dihubungkan ke unit produksi terapung (Floating Production Unit-FPU) di Moho-Bilondo. Kapasitasnya sendiri akan dibengkakkan hingga 40,000 boe/d. Wilayah proyek dimaksud berada 75 km dari Pointe-Noire dan 25 km sebelah barat N’Kossa pada kedalaman antara 450 – 1,200 meter.

Categories