TransCanada Akan Membangun Jalur Pipa LNG Baru

Jalur pipa gas alam senilai $5.1 miliar yang akan mengangkut gas alam cair dari Pesisir Barat Kanada akan dibangun oleh TransCanada Corp., yang juga membangun jalur pipa minyak Keystone XL. Bloomberg melaporkan, proyek Prince Rupert Gas Transmission mampu mengangkut hingga 2 miliar kaki kubik LNG per hari dari wilayah Montney di Alberta dan British Columbia ke fasilitas ekspor Port Edward, B.C. jalur pipa ini masih menunggu persetujuan dari pemerintah.

“Dari perspektif perdagangan, kita memandang pengumuman ini sebagai perkembangan positif tak terduga yang nantinya memberikan dukungan bagi saham TransCanada,” tukas Pierre Lacroix, seorang analis di Desjardins Securities Inc., seperti dilaporkan Bloomberg.

TransCanada terpilih unutk membangun jalur pipa oleh Progress Energy Canada Ltd., seperti dilaporkan Wall Street Journal. TransCanada mengatakan pihaknya berencana untuk menyelesaikan rencana jalur pipa ini di awal tahun ini. Fasilitas ekspor LNG ditujukan untuk mengekspor gas alam ke pasar Asia, lanjut laporan tersebut.

TransCanada mengatakan juga soal rencana mereka untuk memperluas jaringan pipa yang ada di timur laut British Columbia, yang disebut dengan sistem NOVA Gas Transmission, untuk menghubungkan jalur pipa baru dengan tambahan pasokan gas dari North Montney. Proyek tersebut diperkirakan akan menelan biaya lebih dari $1.5 miliar.

Categories