Tumpahan Minyak Ancam Terumbu Karang di Maluku

 

Sebuah tanker yang mengangkut jutaan liter bahan bakar telah mengalami insiden di sebelah timur Indonesia dan menumpahkan sebagian muatannya ke wilayah yang kaya akan keanekaragaman hayati laut.

Menurut sumber dari Pertamina, para pekerja telah memindahkan bensin dan solar dari MT Patriot Andalan ke sebuah tugboat di pelabuhan Ternate, Maluku. Proses transfernya juga tidak mudah lantaran kuatnya gelombang telah mendorong kapal ke dermaga bersama dengan struktur pelabuhan lainnya.

Kapal tanker yang membawa 7 juta liter bahan bakar tersebut mengalami kerusakan di beberapa bagian dan menderita kebocoran yang berimbas pada tumpahnya muatan ke laut. Pertamina sendiri menolak untuk mengatakan berapa banyak minyak yang bocor akibat insiden tersebut. Namun menurut reporter AFP, tumpahan minyak nyaris mencapai bibir pantai. Menurutnya, sebuah tim yang terdiri dari 20 orang ahli telah berusaha untuk mencegah penyebaran minyak tersebut.

Pertamina telah mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menangani bencana ini, termasuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menjamin keamanan bagi para petugas dan mencegah terjadinya kebakaran. Pertamina juga telah mengerahkan penyelam untuk memeriksa dan memperbaiki kebocoran kapal untuk mencegah lebih banyak minyak tumpah ke laut.

Menurut kelompok konservasi WWF, Maluku merupakan bagian dari rantai Coral Triangle, sebuah daerah yang mencakup enam negara di Asia Pasifik dan merupakan rumah bagi hampir 30% terumbu karang di dunia. Segitiga terumbu karang yang dikenal sebagai “Amazonnya lautan” ini juga menjadi tempat tinggal 6 dari 7 spesies penyu dan 2 ribu spesies ikan.

Categories