Ullswater Milik Hallin Marine Selesaikan Proyek SURF di Ladang Gas Natuna Senilai $3 Juta

Hallin Marine, perusahaan layanan energi superior, telah menyelesaikan proyek SURF (subsea infrastruktur, umbilicals, riser dan flowlines) di ladang gas Natuna yang masuk kedalam cekungan Sarawak Besar. Bernilai hingga US$ 3 juta, proyek ini memusatkan pada pemasangan DP2 SOV Ullswater milik Hallin, untuk bisa meletakkan umbilicals bawah laut yang baru. Termasuk dalam jadwal proyek adalah penggantian  dan ditinggalkannya komponen system yang lama, serta instalasi infrastruktur baru.

“Terselesaikan dalam kemitraan dengan kontraktor besar di Indonesia, proyek ladang gas Natuna melibatkan kerja engineering, pengadaan , instalasi dan commisinoning,” jelas Rik Zwinkels, Managing Director Singapore East Division – Halin.

“Fasilitas teknis canggih dari Ullswater diantaranya termasuk peralatan menyelam saturasi dan CROV yang sudah termasuk didalamnya, diletakkan dengan kegunaan penuh. Lingkup kontrak SURF termasuk manajemen proyek dan rekayasa.

“Kami dipilih baik untuk membuktikan kemampuan kami sebagai penyedia layanan bawah laut dan pengalaman kami di wilayah ini. Hallin memiliki sumberdaya dan tenaga kerja untuk memberikan dukungan penuh, di darat dan lepas pantai secara fleksibel dengan keuntungan tambahan menjadi ‘one-stop supplier;.

“Hallin telah membuktikan kemampuannya selama bertahun-tahun untukuk menyelesaikan  berbagai tantangan tugas yang paling efektif, aman tepat waktu dan sesuai budget. Hal ini sangat ditunjukkan dengan sangat baik dengan banyaknya klien yang datang kembali untuk proyek tambahan.”

Dengan peralatan lengkap untuk perbaikan ‘wellhead’, inspeksi dan penyelaman konstruksi dan dukungan ‘remotely-operated vehicle’, dengan panjang 78 meter dan lebar 24 meter, Ullswater bisa menggabungkan system penyelaman saturasi 15 orang, mampu beroperasi pada kesalaman 200 meter ditambah “moonpool-launched diving bell” untuk tiga orang. Kapal DP2 memiliki diameter helideck 22 meter untuk perpindahan awak dan staf operasi dengan cepat. Hingga 120 personil dapat ditampung dalam kapal.

Ladang gas Natuna ditemukan oleh Agip (Italia), terletak 1100 km utara Jakarta. ladang gas tersebut merupakan ladang gas terbesar di Asia Tenggara, dengan cadangan gas diperkirakan mencapai 46 triliun kaki kubik.

Categories