Uni Emirat Arab Siap Operasikan Jalur Pipa Abu Dhabi – Fujairah

Uni Emirat Arab baru saja meresmikan “Abu Dhabi Crude Oil Pipeline” (ADCOP) dari Abu Dhabi ke Fujairah. Jalur pipa minyak mentah ADCOP ini akan mendukung ekspor minyak mentah dari Fujairah.  Minyak ekspor dari Fujairah ini akan melintasi Teluk Oman, memotong jalur Selat Hormuz. Pipe line ini akan mengawali debut dengan mengalirkan 1 juta barrel/hari, dengan kapasitas riil 1.5 juta  barrel/hari dan akan ditingkatkan hingga 2 juta barrel/hari.

ADCOP juga mencakup kapasitas penyimpanan 12 bbl. Dengan dukungan tiga jaringan pipa bawah laut,  stasiun pompa utama, stasiun pompa menengah dan tiga single-point mooring  buoys untuk melayani deep water tanker loading.  ADCOP merupakan hasil karya China Petroleum Engineering & Construction Corp, bertanggung jawab atas desain enjinering, pengadaan dan kontraktor konstruksi.

Proyek ADCOP ini sendiri sudah sering tertunda pelaksanaannya sejak target awalnya di tahun 2009. ADNOC mengharapkan pipeline ini akan mulai beroperasi di akhir Juli ini. Mulai beroperasinya ADCOP kelak menjadi implementasi upaya penyediaan outlet alternatif untuk minyak mentah di Teluk Persia. Abu Dhabi Crude Oil Pipeline ini juga mampu ‘memotong’ jalur Selat Hormuz, serta tak kalah penting menjadi jawaban atas ancaman Iran menutup jalurlaut.

Categories