Uni Eropa Usulkan Peraturan Lebih Ketat untuk Eksplorasi Minyak Lepas Pantai

Uni Eropa mengatakan akan memperbaharui regulasi keselamatan untuk eksplorasi minyak dan gas lepas pantai mereka, dengan harapan untuk menghindari resiko bencana besar seperti tumpahan minyak di Teluk Meksiko pada 2010 lalu.

Uni eropa telah mengusulkan undang-undang yang akan mewajibkan perusahaan energy untuk menyampaikan laporan bahaya dan rencana tanggap darurat bencana secara merinci, bagaimana hal-hal tersebut dapat menghindari (mengevakuasi) potensi tumpahan minyak , sehingga bisa memudahkan perbaikan kerusakan lingkungan. Tidak akan ada pemberian izin pengeboran, kecuali perusahaan menunjukkan dengan jelas, kemampuan untuk memperbaiki kecelakaan besar.

“Eropa belajar dari pengalaman bencana Deepwater Horizon dan ingin mengurangi resiko pengeboran minyak dan gas lepas pantai hingga titik minimal,” tukas Anggota Parlemen Belgia, Ivo Belet. “Apalagi sekarang sejumblah Negara anggota sedang mengoperasikan eksplorasi pengeboran baru, kita perlu kerangka legislatif baru yang efisien. Arahan hokum sebelumnya telah berumur hamper 20 tahun dan tidak menjamin keselamatan operasi pengeboran lepas pantai dalam batas memadai.”

Perusahaan pengeboran juga akan diminta untuk menyampaikan laporan kepada otoritas nasional, secara rinci rencana instalasi pengeboran, potensi bahaya yang isa dihadapi selama proses pengeboran dan bagaimana rencana melindungi para pekerjanya.

UPI melaporkan Komite Energi Uni Eropa dijadwalkan akan memvoting undang-undang yang diusulkan pada bulan Maret mendatang.

Categories